Home ALLTeknik Bending pada kusen jendela upvc

Teknik Bending pada kusen jendela upvc

Teknik Bending, adalah teknik menekuk profile kusen jendela dan pintu sehingga menjadi bentuk yang melengkung, setengah lingkaran maupun lingkaran utuh.

Meskipun terdengar mudah , namun pada praktik nya tidak semua jenis profile dapat di bending, terutama jika profile tersebut tidak flexible.

Profile yang kaku seperti profile kayu, memiliki resiko retak yang cukup tinggi jika dipaksakan untuk di tekuk menggunakan teknik bending.

Oleh karena itu biasanya fabrikator kusen jendela kayu akan menggunakan dua potong profile yang disatukan untuk membuat bentuk jendela lengkung.

Jika dilihat dari jauh, potongan tersebut tidak akan terlihat, namun jika dilihat dari dekat maka potongan akan terlihat dengan jelas

Profile aluminium biasanya dapat lebih aman  untuk dibending dengan menggunakan mesin bending, namun drajat lekukan yang dihasilkan ada batas nya.

Biasanya vendor kusen jendela aluminium tidak akan menyanggupi pembuatan kusen jendela lengkung yang drajat lengkungan nya tidak dapat dipenuhi aluminium.

Lalu profile jendela apa yang dapat memenuhi permintaan jendela lengkung yang drajat lengkungan nya bisa sampai membuat lingkaran dengan sempurna?

Jawaban nya adalah upvc, profile kusen upvc memiliki unsur flexibilitas yang tidak ada pada profile kayu maupun profile aluminium sekalipun.

Flexibilitas alami profile upvc membuatnya dapat memenuhi permintaan pembuatan kyuen jendela lengkung maupun kusen jendela dengan bentuk unik lain nya.

Cara melakukan bending kusen jendela upvc

Teknik bending kusen jendela upvc dapat dilakukan meski tidak menggunakan mesin bending seperti hal nya yang dibutuhkan oleh profile aluminium.

Untuk menekuk profile upvc dibutuhkan mal untuk menentukan drajat tekukan, bak untuk menampung oli bending , dan meja untuk menekuk profile.

yang dilakukan pertama pada proses bending kusen jendela upvc adalah membuat mal dari papan triplek agar sudut dan drajat tekukan sesuai dengan ukuran yang di inginkan,

yang kedua adalah menyiapkan meja bending dan memasang pasak-pasak di sekeliling meja bending sesuai dengan ukuran mal yang sudah dibuat.

langkah ketiga adalah meletakan profile pada bak penampungan oli bending, lalu memanaskan oli nya hingga profile upvc menjadi lentur dan mudah ditekuk

langkah ke-empat adalah memindahkan profile upvc dari bak penampungan menuju ke meja bending, dan menekuk nya sesuai dengan pasak yang sudah dipasang.

Pasak yang sudah dipasang bertujuan untuk menjaga bentuk profile upvc agar tidak kembali ke bentuk batangan awal pada saat profile sudah kembali mengeras dan dingin.

langkah ter-akhir dalam proses ini adalah membilas profile upvc agar tidak ada sisa oli bending yang melekat.

setelah proses bending selesai maka profile kusen upvc sudah siap untuk di pasang.

 

www.fega.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *